Chat with us, powered by LiveChat

Perjalanan Panjang Klub Bola Barcelona

BARCELONA

Barcelona merupakan salah satu club bola yang cukup terkenal. Grup bola yang berbasis di Barcelona, Catalunya, Spanyol ini berdiri sejak tahun 1899 oleh sekelompok pemain Swiss, Inggris dan Catalan yang dipimpin oleh Joan Gamper, klub telah menjadi simbol budaya Catalan dan Catalanisme, yang mempunyai motto “Més que un club” (Lebih dari sebuah klub).

Tahun 2009, tahun istimewa, ketika Barcelona memenangkan semua dari enam piala utama, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah sepak bola Eropa. Penghargaan internasional yang terbesar didapat saat nominasi FIFA Ballon d’or pada tahun 2010 memasukkan nama Xavi, Iniesta, dan Messi untuk penghargaan tersebut, ketiganya dibesarkan di La Masia.

Barcelona merupakan klub pertama yang menjuarai liga Spanyol. Dengan persembahan 23 gelar Liga Spanyol, 25 gelar Copa del Rey, 10 gelar Piala Super Spanyol, 5 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA, 4 gelar Piala Super Eropa, FC Barcelona menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol, Eropa, dan dunia. Bukti paling nyata ketika pada tahun 2009 FC Barcelona berhasil menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil meraih gelar Treble (juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions). Dilanjutkan dengan raihan gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub FIFA untuk melengkapi raihan gelarnya menjadi Sextuples. Barcelona merupakan klub sepak bola pertama di dunia yang melakukan raihan ini. Penggemar Barca juga sering disebut Culés.

 


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat