Chat with us, powered by LiveChat

8 Momen Tak Terlupakan dalam Turnamen Piala Dunia FIFA

8 Momen Tak Terlupakan dalam Turnamen Piala Dunia FIFA

Sepak bola menjadi salah satu olahraga paling disukai oleh masyarakat dunia. Bahkan tidak hanya bagi orang dewasa saja melainkan anak muda dan anak-anak sekalipun turut gemar memainkan atau sekedar menonton acara pertandingannya saja. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan utama mengapa Presiden FIFA pertama yaitu Jiles Rimet meminta adanya turnamen tunggal sepak bola. Kemudian dibentuk World Cup FIFA yang merupakan pertandingan sepak bola tanpa bergabung dengan Olimpiade dunia bersama bidang olahraga lain. Pada pertandingan atau laga pertama diadakan pada tahun 1930 bertempatkan di Uruguay sebagai tuan rumah. Diikuti oleh setidaknya 13 negara mulai dari kawasan Eropa hingga Amerika.

Kejadian Mengejutkan Selama Piala Dunia Berlangsung

Sejak turnamen pertamanya di tahun 1930, Piala Dunia sudah menyedot banyak perhatian. Meskipun pada waktu itu hanya sedikit negara ikut serta mengirimkan timnas kebanggaan untuk bertanding di lapangan. Akan tetapi terdapat berbagai macam kejadian menarik, unik, bahkan tragis di tiap Piala Dunia yang diadakan selama empat tahun sekali itu. Peristiwa tersebut kemudian menjadi sejarah tidak terlupakan bahkan beberapa diantaranya dijadikan sebagai peringatan tertentu. Berikut ini ada beberapa momen istimewa tidak terlupakan yang terjadi di sepanjang perhelatan Piala Dunia bahkan sampai tahun 2018.

  1. Jerman Memenangkan Piala Dunia 1954
    Pada periode tahun 1954, Piala Dunia dimenangkan oleh pihak timnas Jerman. Yang menarik bukanlah soal gelar juara tersebut melainkan karena timnas Jerman berhasil mengalahkan tim unggula Hungaria dengan skor 2-0. Pada waktu itu mereka tidak kenal ampun dalam membabat habis kemenangan tanpa menyisakan satupun peluang goal bagi Hungaria. Goal tersebut dicetak oleh pemain bernama Helmut Rahn yang masuk dalam posisi striker.
  2. Patrick Battiston Mengalami Koma
    Selanjutnya momen tragis terjadi di Piala Dunia tahun 1982 dimana salah seorang pemain Prancis yaitu Patrick Battiston tiba-tiba saja mengalami kejadian mengejutkan. Dirinya mengalami koma setelah mendapatkan retak tulang rusuk serta beberapa kerusakan pada tulang belakangnya. Hal ini dikarenakan ia bertabrakan dengan kipper Jerman Barat yaitu Toni Schumacher saat pertandingan sedang berlangsung. Karena murni sebuah kecelakaan tak disengaja maka wasit tidak memberikan sanksi sama sekali. Sementara itu laga dimenangkan oleh timnas Jerman Barat melalui adu penalti.
  3. Tewasnya Andres Escobar di Piala Dunia 1994
    Piala Dunia tahun 1994 rupanya menjadi peristiwa paling menarik, tragis dan tidak akan pernah terlupakan. Pasalnya bek Kolombia yaitu Andres Escobar tewas di Medelling dengan luka tembakan di tubuhnya. Menurut berita dan hasil penelusuran mengatakan jika kematian Escobar berhubungan dengan dunia judi serta narkoba.
  4. Sang Bintang Lapangan, Zinedine Zidane Mendapat Kartu Merah
    Biasanya para pemain unggulan dan bintang lapangan hijau sering mencetak prestasi namun minim sensasi. Akan tetapi kali ini seorang pemain kuat yaitu Zinedine Zidane mendapatkan kartu merah saat turnamen Piala Dunia 2006. Ia menyerang bek Italia, Marco Materazzi dengan sengaja karena dianggap mejelek-jelekkan ibu dari Zidane.
  5. Brazil, Sang Tuan Rumah Kalah dari Jerman
    Momen memalukan selanjutnya dirasakan oleh timnas Brazil yang kalah telak dari Jerman di Piala Dunia 2014. Selaku tuan rumah, mereka tentunya ingin bermain dengan apik dan memenangkan turnamen. Akan tetapi kenyataannya Brazil malah terpuruk dan mengalami banyak kejadian tidak enak. Salah satunya timnas tersebut kebobolan goal sebanyak 14 kali dimana 7 diantaranya ketika melawan musuh yaitu Jerman.
  6. Timnas Belanda yang Gagal ke Piala Dunia 2018
    Timnas Belanda atau yang dijuluki sebagai Der Oranje ternyata tidak mampu melanjutkan pertandingan sampai ke Piala Dunia 2018. Kegagalan tersebut sebetulnya telah dialami selama masa penyisihan Piala Dunia tahun ini. Padahal Belanda mempunyai poin sama dengan negara Swedia pada saat klasemen terakhir di Grup A. Akan tetapi selisih jumlah goal membuat Swedia akhirnya lebih unggul kemudian malah berhasil melaju ke babak play-off mengalahkan Der Oranje. Selain itu, belanda ternyata juga kalah terhadap Irlandia dan Portugal ketika babak penyisihan berlangsung. Bahkan karena hal tersebut, kapten timnas Belanda yaitu Arjen Robben memutuskan hengkang dan mundur.
  7. Spanyol vs Belanda di Piala Dunia 2010
    Tepatnya pada saat Final Piala Dunia tahun 2010, dua timnas negara kuat saling berhadapan yaitu Spanyol vs Belanda. Terjadi momen menegangkan selama pertandingan berlangsung dimana Belanda mendapatkan sembilan buah kartu kuning. Salah satu diantaranya kartu kuning kedua sekaligus mendapatkan warna merah untuk bek John Heitinga. Sementara itu Spanyol juga mendapatkan peringatan sama dimana ada lima buah kartu didapatkannya. Catatan perolehan tersebut akhirnya menjadi sejarah sepanjang Piala Dunia karena melampaui rekor di periode sebelumnya.
  8. Timnas Korea Selatan dalam Piala Dunia 2002
    Saat pertandingan Piala Dunia tahun 2002 silam, timnas Korea Selatan melawan Italia. Sebagai tuan rumah, pihak Korea Selatan dianggap mengambil banyak sekali keuntungan sepihak sehingga beberapa kali mendapatkan kecaman serta kritikan tajam. Dalam pertandingan tersebut sang tuan rumah menang dalam skor 2-1 terhadap Italia. Goal dari Korsel berhasil membawa timnas mereka menang dan menuju babak final. Akan tetapi terjadi beberapa hal menarik dimana Bryon Moreno selaku pemimpin Piala Dunia 2002 mengambil keputusan mengejutkan. Salah satunya seperti membiarkan timnas Korea Selatan melakukan beberapa pelanggaran, memberikan kartu merah kepada Francesco Totti dan menganulir goal yang diciptakan Italia. Tentunya hal tersebut membuat fans dan masyarakat geram sehingga menuduh apabila Korea Selatan telah menggunakan cara kotor supaya menang. Presiden FIFA pada saat itu, Sepp Blatter turut kecewa dan mengatakan Moreno sebagai orang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Bencana yang dialami FIFA dalam Piala Dunia 2002 dikarenakan ulah Moreno yang tidak profesional sama sekali. Oleh karena peristiwa tersebut, sang pemimpin laga akhirnya mendapatkan skorsing selama dua laga. Dirinya juga sempat masuk penjara dikarenakan adanya tuduhan penyelundupan narkoba.

Itulah beberapa momen paling menarik, seru sekaligus menjadi sejarah sepanjang masa. Piala Dunia tidak akan pernah lepas dari berbagai macam kejadian mengejutkan, mulai dari sifatnya membahagiakan, tragis, menyedihkan, dan lain sebagainya. Turnamen besar ini diikuti oleh seluruh anggota federasi FIFA dari seluruh dunia. Bukanlah suatu rahasia dan hal mengherankan lagi apabila suatu negara tertentu akan melakukan berbagai macam usaha demi memenangkan pertandingan dan menjadi juara dunia. Ditambah lagi hadiah yang diberikan pada ajang World Cup FIFA juga tidak sedikit, sekitar ratusan juta dollar atau bahkan lebih. Belum lagi kepopularitasan tim atau negara yang nantinya bakal menjadi sang pemenang serta tuan rumah. Tentunya setiap jengkal berita atau perkembangan dari Piala Dunia akan terus menarik perhatian masyarakat. Terlebih lagi bagi mereka yang gemar akan olahraga sepak bola ataupun sekedar mengikuti fakta serta beritanya saja.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat